skip to Main Content

SISWA-SISWI SD MUTUAL DUA BERKUNJUNG KE LEMBAGA PEMERINTAH

Senin, 22 November 2021 SD Muhammadiyah Alternatif 2 Kota Magelang melakukan “Kegiatan Belajar Luar Sekolah” ke Lembaga Pemerintah yaitu Kelurahan Kramat Selatan. Kunjungan di bawah pimpinan Kepala Sekolah Bapak Mustaqim dengan jumlah 5 siswa yaitu Ananda Raditya, Zuyyina, Alan, Azka, dan Rani dari perwakilah kelas 3 dan 2 pendamping guru. Tentunya kegiatan ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker karena masih dalam situasi covid-19.

Bu Umi Hani, SH selaku Kepala Kelurahan menyambut positif kegiatan kunjungan belajar para siswa, menurutnya, selain siswa dapat mengetahui tentang Kelurahan juga dapat mempererat silaturahmi. “Kunjungan belajar ini sangat positif ya, selain siswa dapat mengetahui tentang profil kelurahan, tugas-tugasnya seperti apa dan adanya silaturahmi yang terbangun oleh para guru dan lembaga pemerintah,” Ujarnya.

Pak Mustaqim, S.Pd. I., M.Pd selaku kepala sekolah menjelaskan, kegiatan kunjungan belajar tersebut merupakan program dari Sekolah, yang  bertujuan untuk membangun jejaring dengan lembaga pemerintah sekitar, memberikan tambahan informasi bagi siswa, dan mengetahui seluk-beluk pemerintahan tingkat kelurahan, tugas-tugas lurah dan staf, serta lain-lain.

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan bersemangat, awal kegiatan siswa diperkenalkan tentang profil dari Kelurahan Kramat Selatan, kemudian disambung tanya jawab dengan bu Umi selaku Kepala Kelurahan, tidak hanya itu siswa juga diajak untuk berkeliling melihat fasilitas seperti ruangan-rungan kerja dan Perpustakaan di Kelurahan serta kegiatan yang ada di Kelurahan seperti pemberian vaksin gratis kepada warga. Sehingga siswa dapat belajar langsung dan banyak mengetahui hal-hal baru.

Semantara itu Kepala Sekolah SD Mutual Dua mengatakan, beliau mengucapkan terima kasih telah diterima untuk melakukan kunjungan belajar ke Kantor Kelurahan. Menurutnya, saat ini pendidikan luar sekolah adalah bagian penting dari sistem pendidikan yang mempunyai tugas dan peranan dalam memberikan pelayanan dalam pendidikan yang bersifat formal maupun informal.

Selain itu, Raditya siswa SD Mutual Dua juga mengungkapkan, sangat senang dapat belajar secara langsung di Kelurahan bersama teman-teman. ”Sangat senang bisa di sini jadi bisa tau banyak hal,” tandasnya.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *